Tugas Artificial Intelligence

  • Sebutkan salah satu aplikasi teknologi yang pernah anda gunakan atau minimal anda ketahui, yang menurut anda telah menerapkan unsur Artificial Intelligence! Ceritakan secara detail dimana letak unsur AI-nya! jawab 

    Dalam Bidang Agronomi Dan Pertanian

    Pengolahan Citra Dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Mobile Untuk Mengetahui Kualitas Tanaman Padi Teknologi mobile yang sedang banyak digemari saat ini adalah smartphone. Ini disebabkan oleh kemampuan dan kepintaran perangkat mobile tersebut dalam membantu kehidupan manusia. Dalam dunia pertanian, salah satu masalah yang dihadapi adalah menentukan kualitas tanaman hasil pertanian, khususnya tanaman padi. Terkadang memang sulit untuk melihat dengan kasat mata kualitas tanaman padi tersebut. Sebagai tanaman, padi juga tidak luput dari serangan hama yang membawa penyakit di antaranya bercak daun coklat (bintik perang), bercak daun cercospora, hawar daun (kresek), dan blast. Tahap awal adalah mengambil citra dari padi menggunakan sebuah kamera yang terintegrasi di dalam perangkat smartphone Android. Citra padi tersebut dianalisa dengan aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone tersebut. Aplikasi ini berfungsi untuk menyusun algoritma pengolahan citra untuk mendapatkan nilai numerik parameter-parameter intensitas komponen warna merah (R), hijau (G), biru (B), color value, indeks warna merah/indeks R, indeks warna hijau/indeks G, indeks warna biru/indeks B, hue, saturation, dan intensity yang merupakan input data pada jaringan syaraf tiruan. Proses training dilakukan untuk mendapatkan tingkat persentase pendugaan kelompok piksel yang tergolong ke dalam normal, bintik perang, bercak cercospora, hawar daun, atau blast. Set data yang digunakan untuk training berupa pasangan parameter-parameter input dan targetnya. Aplikasi jaringan syaraf tiruan menggunakan algoritma backpropagation, dengan menggunakan bernilai satu dan β (beta) atau learning rate bernilai 0.3. logistic constant

    Dalam Bidang Pendidikan

    Sistem Tutor Cerdas atau Intelligent Tutoring System(ITS) merupakan sebuah teknologi pembelajaran yang dinamis dan dapat menyesuaikan isi atau output program sesuai dengan kebutuhan dari objek sasaran menggunakan keahliannya dalam metode pembelajaran dan materi yang diajarkan. Hal ini dapat dilakukan karena ITS dilengkapi oleh Artificial Intelligence (AI). Bayesian Network menyediakan sebuah pendekatan probabilistik untuk mendapatkan suatu inference atau kesimpulan tentang karakteristk setiap pengguna program ITS. Dalam simulasi program ITS berbasis metode Bayesian Network diketahui bahwa keandalan program tersebut adalah 52,3%. Saat kita bebicara tentang arti dari Sistem Tutor Cerdas (STC) atau Intelligent Tutoring System (ITS) maka kita juga harus mempertimbangkan riset-riset lain yang sudah ada. Karena Intelligent Tutoring System adalah sebuah istilah yang luas, mencakup program komputer apapun yang berisi tentang kecerdasan atau Intelligence serta dapat digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu ada beberapa definisi dari ITS antara lain: Sistem Tutor Cerdas (STC) atau Intelligent Tutoring System (ITS) adalah sebuah program software yang menyediakan instruksi-instruksi untuk seorang pelajar dengan cara membimbing seperti seorang guru. · Secara luas Intelligent Tutoring System diartikan sebagai software di bidang pendidikan yang berisi komponen Artificial Intelligence. Software ini dapat merekam semua pekerjaan siswa sepanjang dia menggunakan program ini, dengan mengumpulkan semua informasi tersebut, program ini dapat membuat atau menghasilkan kesimpulan tentang kelemahan dan kekuatan pengguna, serta dapat menyarankan sebuah pekerjaan tambahan. Kunci dari sebuah program ITS adalah kemampuannya dalam beradaptasi sebaik mungkin dalam aktivitas pedagogik yang baik kepada siswa secara individu. Jadi, ITS mencoba untuk mengidentifikasi beberapa karakteristik dari seorang siswa yang sesuai dengan kriteria tertentu untuk menyajikan sebuah action, bagaimana cara bereaksi terhadap beberapa tindakan siswa.

  • Jelaskan dampak negatif yang kiranya ditimbulkan oleh penerapan AI pada kehidupan manusia! jawab

1.Membuat orang malas
Inilah salah satu dampak negatif terbesar dari situs jejaring sosial. Dengan adanya situs jejaring sosial, orang lebih asyik duduk di depan layar komputer daripada harus berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

  1. Jadi lupa waktu
    Terlalu sering mengakses situs jejaring sosial membuat orang menjadi lupa waktu. Bahkan ada kasus dimana seorang ibu yang keasyikan mengakses Facebook sehingga lupa menyiapkan makan untuk keluarganya dan anaknya yang masih bayi, sehingga anaknya masuk rumah sakit.
  1. Membuat pekerjaan jadi tertunda
    Situs jejaring sosial bagaikan candu, sehingga pemakainya akan lupa waktu dan apabila hal ini berlangsung secara terus menerus akan berakibat fatal bagi dirii sendiri dan orang lain. Karena bisa saja pekerjaan mereka jadi tertunda dan tidak lekas selesai.
  2. Dipakai sebagai media konspirasi
    Tidak sedikit kasus kejahatan terbongkar dan bermula dari situs jejaring sosial. Seperti gadis yang dibawa lari oleh kenalan baru yang baru dikenal melalui Facebook, plot pembunuhan presiden Bolivia yang terungkap karena direncanakan melalui Facebook dan lain sebagainya adaah beberapa contoh konkret bahwa situs seperti ini memiliki dampak negatif yang cukup kuat.
  1. Merusak kesehatan
    Terlalu lama duduk diam di depan komputer dapat mengganggu kesehatan. Sudah banyak penelitian dilakukan dan hasilnya kebanyakan mengatakan bahwa kita dilarang terlalu lama mengakses komputer. Sebaiknya tiap dua jam kita beristirahat dan melakukan gerakan-gerakan yang menyehatkan.
  • Tuliskan ide anda untuk menerapkan AI pada teknologi yang dapat bermanfaat dalam kehidupan keseharian manusia!jawab 

    Ide saya dalam penerapan AI untuk membantu kehidupan manusia yaitu membuat alat yang dapat mengetahui keadaan di sekitar kita, alat ini ditujukan untuk manusia yang kurang beruntung dengan penglihatannya (buta). Dimana alat tersebut di buat dengan ukuran yang praktis,tidak mengganggu kenyamanan para penggunanya untuk gambaran hardwarenya seperti googleglass dimana dengan alat itu bias membantu para tuna netra sehingga mudah berjalan tanpa harus tersandung karena suatu benda. Alat ini di lengkapi infra red yang bertujuan menangkap sinyal yang ada pada benda di sekitar dan kemudian akan di converter ke suara sehingga para pemakai akan tau bahwa di sekitarnya ada berbagai benda dengan jarak tertentu. Untuk alat tersebut menggunakan bahan yang aman sehingga meminimalisir adanya radiasi terhadap pengguna itu sendiri.